Monday 20 January 2014

5 Fakta Unik Seputar Fuleco, Maskot Piala Dunia 2014



maskot
Ajang kompetisi sepak bola terbesar dunia yaitu Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Brazil merupakan suatu event yang sangat dinantikan bagi para pecinta sepak bola di seluruh dunia. Sama dengan pagelaran Piala Dunia tahun-tahun sebelumnya maka Piala Dunia tahun ini pun juga memiliki maskot yang desain dan namanya telah melalui seleksi ketat oleh panitia lokal dan komite yang sangat terpercaya di Brazil. Piala Dunia 2014 kali ini juga mengambil tokoh binatang sebagai maskotnya yaitu suatu desain yang berupa seekor yang diberi nama “Fuleco”. Berikut ini adalah fakta-fakta unik seputar terpilihnya “Fuleco” sebagai maskot Piala Dunia 2014 : 

1. Hewan Armadillo dipilih sebagai ide maskot Piala Dunia 2014 karena saat ini status hewan sebangsa trenggiling dan memiliki nama ilmiah Tolypeutes tricinctus adalah terancam punah. Hewan endemik Brasil ini sekarang hanya terdapat di bagian timur laut Brasil yang memiliki iklim kering. Populasi hewan ini terancam punah karena habitatnya yang sedikit demi sedikit mengalami kerusakan. 

2. Nama “Fuleco” yang diberikan untuk maskot Piala Dunia 2014 ini merupakan akronim dari kata Futebol dan Ecologia. Futebol merupakan bahasa Portugis yang menjadi bahasa kebangsaan Brazil yang berarti sepak bola, sedangkan Ecologia diambil dari kata ekologi yang memiliki arti yaitu lingkungan. Dua kata tersebut dipilih sebagai cara untuk mensosialisasikan ajakan kepada semua orang agar menjaga keseimbangan lingkungan dunia agar habitat dan populasi hewan-hewan langka seperti Armadillo dapat terjaga dan tidak mengalami kepunahan. Ajang Piala Dunia dirasa sebagai even yang sangat tepat digunakan untuk sosialisasi mengingat sepak bola merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang banyak digemari oleh orang di seluruh dunia.

3. Desain “Fuleco” telah menyisihkan 47 desain maskot lainnya dalam seleksi pemilihan maskot Piala Dunia 2014. Maskot yang digambarkan dengan seekor trenggiling yang berwarna kuning, bermata hijau dan punggung berwarna biru ini mewakili ketiga warna yang ada di bendera negara Brazil. Desain “Fuleco” yang memakai kaos putih bertuliskan Brasil 2014 dan memegang bola di tangannya terkesan unik, lucu dan menarik. 

4. Nama “Fuleco” merupakan salah satu nama yang terpilih dari dua kandidat nama lainnya untuk maskot Piala Dunia 2014 yaitu Amijubi dan Zuzeco. Fuleco terpilih karena berhasil mengumpulkan 48% suara dalam polling online yang melibatkan sekitar 1,7 juta orang. Sedangkan Amijubi mendapat 17% suara dan Zuzeco mendapat 31% suara. 

5. Dalam proses seleksi pemilihan nama maskot Piala Dunia 2014, ketiga nama yang diajukan yaitu Fuleco, Amijubi dan Zuzeco sempat mendapatkan penolakan dari warga Brasil karena dinilai ketiga nama tersebut kurang representatif bagi ajang sepakbola terbesar di dunia. Namun panitia tetap tidak merevisi ketiga nama tersebut karena selain membutuhkan dana yang besar, ketiga kandidat nama tersebut sudah memenuhi persyaratan hukum. Itulah beberapa fakta unik dan menarik sekitar pemilihan dan penetapan “Fuleco” sebagai maskot Piala Dunia 2014. Berbagai macam pernak-pernik seperti kaos bergambar “Fuleco”, boneka “Fuleco”, gantungan kunci “Fuleco”, dll telah banyak diproduksi di berbagai negara di dunia. Ajang olahraga sekelas Piala Dunia memang menciptakan peluang-peluang bisnis yang hasilnya sangat menjanjikan walaupun ajang seperti ini hanya digelar selama 30 hari. Selain dari segmen pernak-pernik Piala Dunia, banyak juga kafe, hotel dan restoran yang omsetnya meningkat dengan ajang Piala Dunia. Pasalnya trik marketing seperti menggelar acara nonton bareng yang dilengkapi dengan berbagai macam iming-iming door prize selalu berhasil menarik konsumen untuk datang ke tempat-tempat tersebut. Lalu bagaimana dengan kamu, apakah sudah punya tim yang dijagokan untuk menjadi juara Piala Dunia 2014 ?

Read more at: http://ciricara.com/2014/01/20/5-fakta-unik-seputar-fuleco-maskot-piala-dunia-2014/


4 comments

artikel yang menarik...salam hangat dari remajadalamberita.blogspot.com

makasih kunjungan mas.. :)
dan makasih untuk commentnya juga :D
tetap Blogwalking mas :)

Thanks informasi tentang maskot nya mas :)

sama sama mas.. :D
Terimakasih commentnya :D

Pesan sebelum berkomentar

✓ Menggunakan bahasa yang sopan
✓ Sertakan sumbernya jika ingin Copas
✓ Tidak dibenarkan mencari keributan
✓ Anti Spam

Terimakasih